cahyo.hijrah@gmail.com
08128671240 PIN: 740668E9

Adab Dalam Bertamu Ke Rumah Orang

Tinggal Dengan, Tetaplah Ke Tempat Tinggal Anda

Adab-Adab Bertamu—Manusia didunia ini tidak hidup sendiri. Manusia yang ditakdirkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala jadi makhluk sosial, yang memerlukan pendamping hidup. Tak tahu seseorang rekan hidup yang yaitu keluarga, rekan, rekan atau tetangga paling dekat dengan tempat tinggal kita. Karenanya yang paling baik dalam berteman, jadi tentu ada rasa persaudaraan didalam hati. Tak ada permusuhan atau perselisihan timbal balik yang mengganggu hubungan. Hal semacam ini dapat dikerjakan dengan seringkali bermain atau seringkali tetaplah terkait. Tetapi hubungan yang baik tentu mempunyai terbatasnya spesifik. Umpamanya, janganlah berkhalwat atau tidak memperindah perawatan yang baik dengan perbincangan yang jelek, umpamanya seperti bicara mengenai keburukan orang yang lain atau aib orang yang lain. Walau sebenarnya kemauan sebaiknya yaitu persahabatan. Baiknya juga bila menginginkan bermain serta tetaplah terkait, tambah baik bertandang ke tempat tinggal orang yang kita kehendaki. Karna begitu dapat merajut persaudaraan serta kekerabatan dengan gampang. Sebelumnya lakukan beberapa hal yang juga akan wujudkan kemauan baik yang berada di hati, ia mesti ketahui dahulu Adab-Adab Bertamu. Karna jadi tamu tidak dapat lakukan apa pun dirumah seperti dirumah.

Adab-Adab Waktu Menginginkan Bertandang ke Rumah

1. Cermati Saat Mengunjungi

Adab-Adab Bertamu pertama ini perlu serta mesti diperhitungkan. Tersebut waktu kunjungan ke tempat tinggal yang sudah ditujukan. Apabila sangat mungkin kunjungan dikerjakan pada pagi atau sore hari serta tidak ketika repot. Kesempatan ini yaitu saat yang paling pas untuk kunjungan malam (istirahat saat). Karna type yang Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu katakan, ” Rasulullah tidak sempat mengetuk pintu keluarganya saat malam hari. ” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari 1706 serta Muslim no 1928).

2. Memohon Izin Waktu Memohon

Sebelumnya tempat tinggal, jangan pernah orang yang mempunyai tempat tinggal tidak paham kita ingin ke tempat tinggalnya. Karna telah di ketahui juga kalau ada tamu yang terima semua suatu hal yang berada di tempat tinggal (seperti minuman dan makanan) lantas diberi pada tamu. Janganlah lupa juga sapaan waktu bertandang, karna dalam sambutan juga akan tersirat banyak doa di dalamnya. Adab-Adab Bertamu ini mempunyai perintah dari Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Al Qur’an An-Nur Surah 27 ayat.

3. Katakan Keperluan Untuk Bertandang

Seorang yang menginginkan bertandang, jadi mesti mengatakan apa kebutuhannya. Bila Jamaah bertandang untuk kemauan jelek, itu juga akan beresiko jelek juga. Contoh dari yang ke-3 Adab-Adab Bertamu ke-3 ini berada di dalam Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala di Surah Adz-Dzariyat ayat 32.

4. Tidak Lebih Buruk Serta Datang Kembali Demikian Usaha Selesai

Untuk Adab-Adab Bertamu ke-4, mesti dipahami oleh orang yang bertandang. Mustahil yang memiliki tempat tinggal bercerita kondisi sesungguhnya pada orang yang bertandang. Jadi, bila mungkin saja janganlah memohon apa pun yang dapat memberatkan yang memiliki tempat tinggal, lantas cepat-cepat keluar dari tempat tinggal yang memiliki waktu sudah lakukan bisnisnya serta telah terlayani. Ketetapan ini telah ada pada Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Surah Al-Ahzab ayat 53. Bertamu juga ke Baitullah (Rumah Allah) tidak lain adalah kebaikan, maka  bila ingin cepat kebaikan tersebut terwujud bisa menunaikan ibadah Umroh November tahun ini bersama Khazzanah Tour Travel!

5. Berdoalah Untuk Sang Tuan Rumah

Orang yang baik pastinya akan memberi satu doa dalam tiap-tiap perlakuan baik yang sudah dikerjakan oleh beberapa orang yang ada kepadanya. Termasuk juga orang yang bertandang yaitu yang memiliki tempat tinggal. Adab-Adab Bertamu berikut keterangan doa dari ajaran Nabi Shalallahu’alaihi Wasalam yakni yang bermakna ” Ya Allah beri pada mereka apa yang sudah diberi pada rizki pada mereka, maafkanlah mereka, serta berkatilah mereka. ” (HR. Muslim No 2042).

About the Author

Leave a Reply

*